sahabat selamanya

Menyimpan File di Gambar

on Senin, 13 Juni 2011


Banyak sekali artikel atau tutorial di internet yang membahas bagaimana menyembunyikan file didalam komputer, diblog inipun anda bisa menemukan beberapa posting yang membahas tentang menyembunyikan atau mengamankan file di komputer atau laptop. Namun mayoritas menyembunyikan files memerlukan software atau dengan mengenkripsi folder atau mengubah file atribut, sehingga takbisa dibuka atau diakses oleh user lain.
Namun kali ini saya akan membahas cara menyembunyikan file dikomputer dengan lebih mudah (meskipun cara ini tergolong kuno, tapi bagi sebagian orang sangat efektif). Kita sebenarnya bisa menyembunyikan satu atau beberapa file (berbagai jenis file dari txt,gif,png,avi,mp3 dan lainnya) kedalam file JPG, dan juga kita tak perlu mengerti soal enkripsi atau hal hal teknis lainnya.

Yang diperlukan adalah program file kompresi seperti winRAR, winZip, atau 7zip. Untungnya lagi program tersebut bisa didapatkan mudah dan gratis serta tak terlalu besar ukurannya.
Cara pertama kita buat sebuah folder baru di komputer kita, saya misalkan folder ‘hide’ saja pada partisi D (C:\hide), kemudian taruh file yang ingin disembunyikan (Tugas Utama.docx,masalah-jaringan.docx ) beserta file gambar JPG(whats-up.jpg) dalam folder ‘hide’.
Select file yang ingin disembunyikan kemudian kompres ke dalam .zip atau .rar (contoh ‘hide.zip’)
Langkah selanjutnya buka command prompt windows, bisa dibuka lewat Start–>Run–>ketik CMD–>Enter atau klik Start–>All Programs–>Accessories–>Command Prompt. Pada command Prompt windows ketik ‘CD \’ untuk menuju ke Root Directory, lalu kita menuju ke directory yang kita buat lagi, karena tadi saya buat ‘hide’ maka saya ketik kedalam command prompt ‘CD hide’.
Setelah itu kita copy file yg telah dikompresi (hide.zip) dengan file JPG (whats-up.jpg) melalui command prompt, ketik perintah berikut, copy /b nama file jpg + file yang telah dikompresi nama file JPG kemudian tekan Enter, pada kasus saya ditulis sebagai berikut copy /b whats-up.jpg + hide.zip whats-up.jpg—> Enter
Selesai…. untuk membuka file yang disembunyikan dalam file JPG gunakan program winzip, WinRAR atau 7zip atau dengan mengganti extensi file JPG ke .RAR atau .ZIP.
Catatan: sebaiknya sembunyikan file yang berukuran kurang dari 50MB, karena bagi user yang teliti tentu akan curiga jika ada file JPG yg berukuran 1024x768px memiliki filesize lebih dari 50MB.

0 komentar:

Posting Komentar